Selasa, 17 Agustus 2021

Jurnal 3 Bunda Shalihah

 


Assalamualaikum wr wb

Memahami masalah dengan benar, langkah untuk sebuah Aksi nyata. Berikut ini adalah tagline dari ibu pembaharu. Jangan terlalu cepat mengambil langkah solusi, pahami dulu permasalahan sampai ke akar masalahnya. Terkadang kita terlalu cepat mengambil solusi. Bisa jadi solusi kita kurang tepat atau malah menambah masalah baru lalu bagaimana memulainya ? 



- Mendiskusikan Problem Statement


Bersama tim RB Mandeka saya berdiskusi untuk saling menyelami problem statment masing masing anggota. Setelah menyelami kami membuat kesepakatan untuk menunjuk satu masalah yaitu 


"Menyediakan Media Pembelajaran Mandiri dalam Penguatan Minat dan Bakat Anak yang Berkarakter "

sesuai arah ibu Septi kami menggunakan metode STARBURSTING. Menyelami masalah dengan banyak pertanyaan. Dikelompokan menjadi 5W1H

Strong Why saya terhadap problem statment adalah

  • Ingin ikut terlibat tentang perkembahan anak
  • sebagai tolak ukur kecerdasan anak bangsa, dimulai dari anak sendiri
  • mengisi waktu luang anak, agar tetap produktif di masa pandemi dengan berkegiatan yang positif 
  • memanfaatkan akses media online yang baik
  • mengarahkan penggunaan gadget yang benar


Hasil 5W1H bersama tim adalah







Diskusi dengan tim sudah beres, tapi kita perlu melihat dari sudut pandang lainnya yaitu :

- Mengumpulkan informasi baru tentang masalah

Problem masalah saya adalah pendidikan anak dalam hal penguasaan materi pelajaran formal di sekolah efek dari belajar daring. Ternyata permasalah ini banyak dialami orangtua lainnya. Selain penguasaan materi, banyak dampak dari belajar online seperti kurang displin terhadap waktu, karena belajar daring mempunyai waktu yang fleksibel. Penggunaan gadget yang over time, terkadang orang tua tidak selalu memantau apa yang sedang di lihat di gadget anak nya, apa benar sedang lihat materi  atau bahkan sedang main games. 


- Menggunakan passion sebagai media mendalami masalah

Saat ini saya masih mendampingi anak anak belajar online dan memenuhi kebutuhan pengetahuan belajar nya. Membentuk karakter dengan cara mengajarkan kebiasaan yang baik di rumah. Dalam bermain gadget pun saya ajarkan mereka untuk terlibat mengenal waktu ( management time). Ada batasan content atau video yang harus saya pertegas, mana yang boleh mana yang tidak. Melibatkan anak anak dalam kegiatan rumah sehingga dapat mengasah skill life nya dan secara tidak langsung menjadi habbit mereka sendiri.


- Menganalisis masalah dari berbagai sudut pandang 360 degree

Saat ini saya menganalisis dengan cara banyak bacaan yang sesuai dengan masalah yang saya alami, berikut ini beberapa situs web sebagai acuan dari berbagai aspek :

https://kominfo.bengkulukota.go.id/dampak-pembelajaran-daring-di-masa-pandemi-bagi-pendidikan-karakter/

https://www.stit-alkifayahriau.ac.id/dampak-pembelajaran-daring-terhadap-guru-dan-orang-tua-siswa/


- Melihat situs WEB organisasi dunia

Ketika melihat situs indonesia SDG2030 Indonesia, isinya sangat menginspirasi rasanya ingin ikut terlibat dan bergerak di dalamnya. 

Sesuai dengan Problem masalah yang kami hadapi, kami berkesinambungan terhadap pendidikan bermutu di indonesia yaitu:


Memastikan pendidikan yang inklusif dan berkualitas setara, juga mendukung kesempatan belajar seumur hidup bagi semua

Berikut ini adalah link nya :

https://www.sdg2030indonesia.org/page/12-tujuan-empat



Sekian jurnal ke 3 saya di bunda shalihah


Wassalamu'alaikum wr wb


#materi3

#memahamimasalahbersamatim

#ibupembaharu

#bundasalihah

#darirumahuntukdunia

#hexagoncity

#institutibuprofesional

#ibuprofesionaluntukindonesia

#semestaberkaryauntukindonesia

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Mastermind & False Celebration

  Assalamualaikum wr wb Jurnal terakhir di Bunda shalihah, saat nya kami melakukan false Selebration dan memaparkan mastermind.  Berikut ini...