Selasa, 29 Juni 2021

Jurnal 1 Bunda Shalihah


Assalamualaikum wr wb


Alhamdulillah saya sudah masuk ke tahap bunda shalihah, setelah beberapa bulan lalu telah menyelesaikan bunda Cekatan dan bunda Produktif (jurnalnya tidak di post di blog ini ya).


Di kelas bunda Salihah batch #1 kali ini kita akan mengambil tema tentang Ibu Pembaharu, yaitu seorang ibu yang mampu menemukan masalahnya dan mengubahnya menjadi sebuah tantangan hidup, sehingga bisa menciptakan solusi untuk masalah tersebut. Program Ibu Pembaharu ini sudah dikenalkan saat Konferensi Ibu Profesional tahun 2019, di Yogyakarta. Sekarang kita akan membuat ekosistemnya agar lahir para ibu yang siap menghadapi perubahan zaman.

kutipan :( www.ibupembaharu.com)


Materi pertama di perkuliahan ini tentang memahami masalah dan mampu mengidentifikasi masalah yang ada dalam diri kita. Hal tersebut merupakan keterampilan awal yang harus dimiliki oleh seorang ibu pembaharu.

Setiap manusia yang hidup pasti punya masalah, tapi manusia cerdas akan selalu mencari solusi di setiap masalah nya.


Identifikasi masalah


Saya termasuk manusia yang tidak dibuat pusing ketika menghadapi masalah. Ketika masalah datang hal pertama yang saya pikirkan adalah prioritas seberapa penting masalah itu datang dan berpengaruh dalam kehidupan sehari hari. Ketika masalah itu penting hal yang dilakukan yaitu :

  • Penyebab datangnya masalah, lalu sesuaikan dengan keadaan sebenarnya
  • Pikirakan jalan keluarnya, biasanya berdiskusi solusi bersama suami
  • Bertindak jangan abai terhadap masalah

Alhamdulillah saya punya suami sebagai penasihat atau sebagai pemberi solusi yang baik dan masuk akal di pikiran saya.

Dalam diri sendiri, alhamdulilah tidak ada masalah, saya tuntas dengan diri sendiri, menerima diri sendiri dalam keadaan apapun bahkan ketika sedang sakit, saya menanggapinya dengan rasa syukur dan nikmati.

Saya hidup di lingkungan yang baik dan nyaman dalam bertetangga maupun dalam pertemanan.

Butuh waktu yang lama untuk memikirkan apa masalah saya selama ini.

Setelah beberapa hari berdiskusi dan recalling kejadian yang saya anggap masalah, ada beberapa hal yang tertunda di pikiran saya.

Berikut ini adalah hal hal yang menganggu dalam hidup saya yaitu :


Saya sangat memperhatikan pendidikan anak anak, baik secara formal ( pelajaran sekolah) maupun secara non formal ( pelajaran hidup /skill). Hal yang mengganggu saya akhir ini adalah pemahaman materi sekolah yang sangat kurang bagi anak anak saya.
Penyebabnya : belajar daring / online lebih 1 tahun yang begitu banyak hambatan
solusi : memberi banyak waktu untuk latihan pemahaman materi
tindakan : setiap hari saya menjadi guru anak anak, mendampingi latihan materi dan menjaga hapalan juz anak anak


Sekian cerita dari saya

Wassalamu'alaikum wr wb


#materi1

#ibupembaharu

#bundasalihah

#darirumahuntukdunia

#hexagoncity

#institutibuprofesional

#semestaberkaryauntukindonesia



Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Mastermind & False Celebration

  Assalamualaikum wr wb Jurnal terakhir di Bunda shalihah, saat nya kami melakukan false Selebration dan memaparkan mastermind.  Berikut ini...